Perawatan Luka Kanker di Rumah Agar Terbebas dari Infeksi dan Bau

perawatan luka di rumah

Memoira – Luka yang disebabkan oleh penyakit kanker umumnya terjadi pada jenis kanker payudara, pastinya tak asing lagi dengan jenis kanker yang satu ini. Mengingat ia juga termasuk salah satu momok yang cukup menakutkan bagi masyarakat yang sehat. Apalagi angka kematian yang disebabkan oleh penyakit tersebut tergolong tinggi. Tak hanya bisa menyerang orang tua saja, melainkan juga anak muda. sehingga patut bagi Anda untuk mewaspadainya. Karena jika kondisinya sudah cukup parah maka penyakit yang satu ini akan menimbulkan luka. Perawatan luka kanker di rumah bukan hal yang mustahil untuk dilakukan.

perawatan luka di rumah

Sebagaimana yang Anda ketahui bahwa luka ini aka muncul ketika kondisi kanker sudah cukup parah. Bahkan sangat sulit untuk dilakukan tindakan lanjut seperti pengangkatan atau pemotongan area yang luka tersebut. Sehingga penting untuk melakukan deteksi dini sebelum terlambat. Karena pengobatan akan jauh lebih efektif untuk dilakukan jika seandainya gejala sudah dikenali sedini mungkin. Lalu apa sajakah gejala yang berhubungan dengan kanker payudara ini, berikut diantaranya yang patut Anda ketahui, yaitu:

  1. Terdapat benjolan pada area payudara, penebalan jaringan ini terasa berbeda dengan jaringan yang ada di sekitarnya, umumnya juga masih belum terasa sakit.
  2. Terjadi perubahan pada bentuk dan juga ukuran payudara tersebut.
  3. Kulit payudara mengalami perubahan warna, diantaranya adalah menjadi memerah.
  4. Adanya pengelupasan kulit yang terjadi pada bagian aerola dan kulit payudara yang lainnya.
  5. Rasa nyeri dan juga pembengkakan yang terjadi pada payudara.
  6. Keluar darah dari putting payudara.
  7. Terdapat benjolan atau pembengkakan pada area ketiak.
  8. Bagian putting payudara tertarik masuk kebagian dalam.

Lalu bagaimana upaya yang dapat dilakukan untuk melakukan perawatan luka di rumah, sehingga luka kanker yang timbul di area payudara ini tidak semakin parah. Berikut ini yang patut Anda ketahui, yaitu:

  1. Membersihkan luka secara rutin, hendaknya Anda harus melakukan pembersihan area luka tersebut secara teratur, untuk mencegah infeksi yang disebabkan oleh kuman. Ia dapat dicuci dengan menggunakan NaCl dengan kadar 0,9 persen atau dengan menggunakan air hangat-hangat kuku. Jangan air panas karena akan membuat luka semakin parah.
  2. Gunakan salep yang dapat mempercepat pengeringan luka, umumnya dokter sendiri juga akan menganjurkan pemakaian obat atau salep khusus yang bisa digunakan untuk mempercepat proses pengeringan luka. Obat-obatan yang satu ini hendaknya Anda gunakan secara teratur sesuai dengan anjuran pakai, untuk mempercepat proses penyembuhan luka tersebut, sehingga tidak bertambah parah.
  3. Gunakan balutan yang dapat mengontrol bau, umumnya ketika luka sudah bertambah parah, maka kerap kali ada bau yang ditimbulkan olehnya, mirip seperti bau ikan asin atau bangkai. Guna meminimalisir aroma yang kurang sedap tersebut, maka Anda dapat mengenakan balutan khusus yang ditujukan untuk mengontrol bau. Umumnya charcoal bisa dipakai untuk mengurangi aroma busuk tersebut.
  4. Pastikan juga menghindari makanan pantangan yang tidak diperbolehkan oleh dokter, umumnya bagi mereka yang sudah terkena penyakit kanker ini hingga menyebabkan luka, maka tidak boleh mengonsumsi beberapa jenis makanan tertentu. Ikuti aturan yang diberikan dokter sehingga luka tidak bertambah parah.

Perawatan luka kanker di rumah ini bisa dipercayakan kepada tenaga medis tanpa harus datang ke rumah sakit, yaitu menggunakan layanan home care, sekarang ini ada banyak yang menawarkan fasilitas tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *